PERBEDAAN HAJI DAN UMRAH

topbotombanner

PENGERTIAN

Haji artinya ”bermaksud mengunjungi sesuatu”, yaitu mengunjungi Baitullâh untuk menjalankan ibadah kepada Allah Swt. Sedangkan umrah berarti ”mendiami sesuatu” atau ”mengunjunginya”, yaitu mengunjungi Baitullâh untuk beribadah kepada Allah Swt.[i]

PERBEDAAN

Perbedaan haji dan umrah adalah: (1) haji hanya dilakukan pada bulan haji, yaitu tanggal 9-13 Zulhijjah, sedangkan umrah dapat dilakukan kapan saja; (2) haji dilakukan tidak hanya di Makkah, akan tetapi juga wuquf di Arafah dan jumrah di Mina. Adapun umrah hanya dilakukan di Masjidil Haram, di Mekkah, yaitu dengan melaksanakan ritual tawaf dan sa’i.[ii]

PELAKSANAAN

Di samping memiliki sejumlah kesamaan, ada banyak pula hal yang membedakan antara ibadah haji dengan umroh, perbedaan tersebut meliputi perbedaan waktu, banyaknya tempat, dan dalam tata cara pelaksanaannya.

Umrah

  • Melakukan ihram, yaitu memakai pakaian ihram setelah mandi dan berwudhu, kemudian shalat dua rakaat dan berniat ihram.
  • Tempat berangkatnya adalah salah satu dari tempat-tempat berikut ini, yaitu:
  1. Dzulhulaifah untuk jamaah yang berangkat dari arah Madinah
  2. Juhfah untuk jamaah yang berangkat dari arah Mesir dan Syria
  3. Qarnulmanazil untuk jamaah yang berangkat dari arah Najd
  4. Yulamlam untuk jamaah yang berangkat dari arah Yaman, India, Asia Tenggara
  5. Dzati Iraq untuk jamaah yang berangkat dari arah Irak
  6. Makkah untuk jamaah yang berangkat dari Mekah
  • Kemudian berangkat menuju Masjidil Haram, lalu melakukan tawaf, yaitu mengelilingi Ka’bah tujuh kali dimulai dari arah Hajar Aswad, di mana Ka’bah berada di sebela kiri orang yang tawaf.
  • Dilanjutkan dengan melakukan sa’i, yaitu lari-lari kecil antara bukit Shafa dan Marwah.
  • Setelah sa’i, jamaah melakukan tahallul, yaitu dengan memotong rambut sedikit agar bebas dari ketentuan-ketentuan ihram. Setelah tahallul ini, selesai pulalah ibadah umrah.[iii]

 

Haji

  • Pelaksanaan ibadah haji dapat ditempuh dengan tiga cara, yaitu:
  1. Setelah melaksanakan tahallul umroh (sudah berganti dengan pakaian biasa), pada 8 Zulhijjah, jamaah berpakaian ihrom lagi untuk melaksanakan ibadah haji. Ini disebut Haji Tamattu’
  2. Setelah melaksanakan umrah tidak bertahallul (tetap dalam pakaian ihram), kemudian langsung melaksanakan ibadah haji. Ini disebut Haji Qiran.
  3. Melaksanakan ibadah haji saja tanpa umrah terlebih dahulu. Ini disebut Haji Ifrad.
  • Tanggal 8 Zulhijjah disebut hari Tarwiyyah, di mana seluruh jamaah haji setelah berpakaian ihram berangkat menuju padang Arafah untuk melaksanakan wukuf.
  • Tanggal 9 Zulhijjah, sekitar waktu Magrib, jamaah haji berangkat ke Muzdalifah dan menginap satu malam di sana, sambil memungut batu-batu kecil sebanyak 70 buah.
  • Tanggal 10 Zulhijjah pagi-pagi (masih gelap), jamaah harus sudah ada di Mina untuk melaksanakan Jumratul ’Aqabah, yaitu melemparkan 7 buah batu dengan 7 kali lemparan di satu tempat.
  • Setelah tahallul, jamaah melaksanakan penyembelihan kurban di Mina.
  • Siang harinya berangkat ke Makkah untuk melaksanakan tawaf ifadhah.
  • Sebelum Magrib tanggal 10, jamaah sudah harus berada di Mina lagi.
  • Tanggal 11, 12, 13 (atau hanya tangal 11 dan 12 saja, jamaah pulang ke Makkah sebelum waktu Magrib tanggal 12) untuk melaksanakan umrah lanjutan dengan melemparkan batu pada tiga tempat, yaitu 7 batu dengan 7 lemparan (sehari 21 kali lemparan).
  • Selesai jumrah seluruhnya, jamaah menuju kota Makah untuk bersiap pulang ke tanah air.
  • Menjelang pulang diperintahkan untuk melaksanakan tawaf wada’ atau tawaf perpisahan.[iv]

[i] Miftah Faridl, Pokok-Pokok Ajaran Islam (Bandung: Pustaka Salman, 1982), hlm.111

[ii] Op.cit. hlm.111

[iii] Miftah Faridl, Ibadah Muslim Kosmopolitan (Bandung: Sygma, 2010), hlm. 78

[iv] Op.cit. hlm. 78

9 Responses to PERBEDAAN HAJI DAN UMRAH

  1. travel umroh says:

    I am really inspired together with your writing skills and also with the format for your weblog. Is this a paid theme or did you customize it yourself? Either way stay up the nice quality writing, it is uncommon to look a nice weblog like this one these days..

  2. biaya umroh says:

    WONDERFUL Post.thanks for share..more wait .. …

  3. travel haji says:

    It’s in reality a nice and useful piece of information. I am happy that you simply shared this useful information with us. Please keep us informed like this. Thank you for sharing.

  4. asma says:

    terimakasih bayak atas pengetahuan ini, setidaknya saya bisa memberi tau temen saya,yg pengen tau perbedaan antara haji dan umroh
    salam silaturahmi
    asma sagries ;-)

    • islamobile says:

      Alhamdulillah. Kami sangat bersyukur jika konten-konten web ini bermanfaat untuk khalayak. Terima kasih juga sudah berkenan memberikan feedback. Salam…. (Redaksi)

    • islamobile says:

      Alhamdulillah. Senang ada yang mendapatkan manfaat dari artikel2 Islamobile. Terima kasih

  5. tykno says:

    Terimakasih atas informasinya,sehingga saya bisa tahu tentang beda haji dengan umroh,dan bisa bagi informasi ke teman2

  6. Rizal says:

    Izin copas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>